Latest News

CARA MEMBUAT KOTBAH


Ditulis dalam kepentingan membantu ujian praktik
Dalam tulisan sebelumnya mengenai cara membuat teks ibadat sabda, kami akan mengulas lebih dalam tentang mempersiapkan dan membuat kotbah. Kotbah berisi penjelasan dan pendalaman dari Sabda yang telah kita dengar bersama dalam ibadat. Dalam kotbah, perlulah beberapa persiapan yaitu:

1. Memahami bacaan Kitab Suci yang digunakan

Langkah awal dalam mempersiapkan kotbah adalah membaca, merenungkan, dan mengambil makna hidup dari bacaan Kitab Suci. Dari sinilah, kemudian kita akan membuat arah kotbah kita. Bagaimanakah hidup yang dikehendaki Allah dari bacaan Kitab Suci?

2. Merancang garis besar isi kotbah

Bila kita sudah menemukan apa yang dikehendaki Tuhan dari bacaan Kitab Suci tersebut, kita dapat merancang kerangka dan poin poin penting yang akan disampaikan.

3. Menyusun isi kotbah

Poin poin yang kita sampaikan kita jabarkan dengan konteks dan keadaan relita sekarang ini. Apakah realita sudah sesuai dengan kehendak Allah?. Dan penting untuk membuat agar poin poin pokok isi tidak hilang terbawa oleh penjabaran yang akan disampaikan.

4. Menentukan pembawaan kotbah

Agar kotbah menarik, teman teman dapat menggunakan berbagai metode untuk menarik perhatian pendengar. Teman teman dapat mengajak bernyanyi, menyelipkan humor, memberi studi kasus, dan lain sebagainya. 

Teman-teman, kadang kita sering salah langkah untuk membuat kotbah yaitu dengan menentukan pembawaannya terlebih dahulu. Kondisi ini cenderung membawa kita untuk lepas dari makna Kitab Suci yang kita baca. Perlu diingat bahwa titik krusial membawakan kotbah adalah bagaimana cara agar kotbah menarik dan tidak kehilangan poin penting isi dari kotbah itu sendiri. 
« PREV
NEXT »