Latest News

Materi Agama Katolik Kelas XII: Memperjuangkan Kelestarian Lingkungan Hidup

MATERI INI MASIH DALAM BENTUK RINTISAN
BANTU KAMI MENYEMPURNAKANNYA (email ke [email protected])

Standar Kompetensi: Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran Gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mampumewujudkannya dalam kehidupan sehari hari




Kompetensi Dasar: Bersedia untuk berjuang menegakkan keadilan, kejujuran, kebenaran, perdamaian, dan keutuhan ciptaan sesuai dengan perannya.




Indikator: 
  1. Menjelaskan manfaat tanah, flora, dan fauna
  2. Menjelaskan pesan kisah penciptaan dalam Kej 1:1-24 bagi pelestarian lingkungan hidup
  3. Membuat doa sebagai ungkapan syukur atau keprihatinan atas lingkungan yang ada di sekitar
  4. Menyebutkan berbafai bentuk perusakan lingkungan dan akibatnya
  5. Menjelaskan makna Kej 3:1-24 dalam kaitannya dengan keutuhan ciptaan
  6. Melaksanakan kegiatan peduli lingkungan hidup
Materi: 
Manfaat Tanah, Flora, dan Fauna
Sekiranya tidak perlu kami jelaskan detail, sebagaimana penjelasan manfaat ini dapat dibaca pada buku-buku biologi.

Tanah  
Memiliki manfaat sebagai sumber kehidupan, tempat tinggal, dan simbol persatuan antar manusia




Flora
Tanaman membantu manusia untuk bernafas, mengatur suhu udara, mendatangkan hujan, menjadi tempat tinggal margasatwa, menyimpan air, danmelindungi tanah




Fauna
Bermanfaat sebagai kawan, penjaga, dan pelindung; sebagai bahan makanan dan sarana transportasi

Masalah Lingkungan Hidup di Indonesia (dikutip dari wikipedia)
Bahaya alam: banjir, kemarau panjang, tsunami, gempa bumi, gunung berapi, kebakaran hutan, gunung lumpur, tanah longsor,limbah industri, limbah pariwisata, limbah rumah sakit.
Masalah Lingkungan hidup di Indonesia saat ini: penebangan hutan secara liar/pembalakan hutan; polusi air dari limbah industri dan pertambangan; polusi udara di daerah perkotaan (Jakarta merupakan kota dengan udara paling kotor ke 3 di dunia); asap dan kabut dari kebakaran hutan; kebakaran hutan permanen/tidak dapat dipadamkan; perambahan suaka alam/suaka margasatwa; perburuan liar, perdagangan dan pembasmian hewan liar yang dilindungi; penghancuran terumbu karang; pembuangan sampah B3/radioaktif dari negara maju; pembuangan sampah tanpa pemisahan/pengolahan; semburan lumpur liar di Sidoarjo, Jawa Timur; hujan asam yang merupakan akibat dari polusi udara.

Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup
Kerusakan lingkungan hidup timbul akibat keserakahan manusia, tingkat pendidikan, kesadaran diri sendiri, kepadatan penduduk, kemiskinan, pembangunan, cara hidup modern.


Kisah penciptaan
dan
Pesan dari dua perikop diatas adalah poin pertama, Dalam Kej 1:1-24, dikisahkan bahwa alam diciptakan baik adanya. Poin kedua adalah dalam Kej 3:1-24, dikisahkan bagaimana manusia jatuh ke dalam dosa.

Dokumen Gereja


Ensiklik Paus Yohanes Paulus II, Centesimus Annus menandai ulang tahun Rerum Novarum yang ke-100. Centesimus Annus mengurus pula soal-soal lingkungan hidup yang menjadi permasalahan menyolok pada zaman ini.

Ensiklik kedua Paus Fransiskus, Laudato siadalah seruan perubahan bagi lingkungan hidup yang berpijak pada harapan. Ini juga adalah ungkapan syukur, bahwa lepas dari segala masalah dan tantangan yang ada, banyak orang mulai ambil bagian untuk menjadi jalan keluar.

BANTU KAMI MENYEMPURNAKANNYA (email ke [email protected])
« PREV
NEXT »