Latest News

Tahbisan Imam Keuskupan Agung Semarang 2016


SEBUAH nawala ringkas diirilis hari Jumat tanggal 10 Juni 2016 ini oleh Sekretaris Keuskupan Agung Semarang (KAS) Romo Ignatius Triatmoko MSF. Isinya berita gembira akan datangnya rombongan imam baru yang akan menerima tahbisan imamat mereka sepanjang bulan Juni-Juli 2016 ini.

Rilis dari Kuria KAS itu menyampaikan informasi sebagai berikut:
Imam diosesan (praja) KAS
Calon imam diosesan (praja) KAS yang akan menerima tahbisan imamat dari Uskup Emeritus Mgr. Blasius Pujaraharja Pr di Kapel Seminari Tinggi Santo Paulus di Kentungan, Yogyakarta pada hari Rabu, tanggal 29 Juni 2016 pukul 09.00 WIB adalah:
  • Frater Diakon Benedictus Danarto Agung Wibowo Pr asal Paroki St. Theresia Bongsari, Semarang.
  • Frater Diakon Martinus Joko Lelono Pr asal Paroki St. Stephanus Jumapolo, Karanganyar.
Atas rencana tahbisan mereka berdua, Kuria KAS mengumumkan agar berita ini bisa disampaikan ke publik di tlatah KAS pada waktu kesempatan misa mingguan pada tanggal 12-12, 18-19, 25-26 Juni 2016.
Maksud pengumumam ini antara lain guna mendapatkan tambahan informasi dari publik umat katolik di semua paroki di KAS perihal kelaikan dan kelayakan para calon imam ini dari semua halangan yang membuat mereka masuk kategori ‘tidak pantas’ untuk menjadi seorang tertahbis.
Kongregasi Imam-imam Keluarga Kudus (MSF)
Calon imam dari  Kongegasi Keluarga Kudus (MSF) akan menerima tahbisan imamatnya dari tangan Bapak Uskup Keuskupan Palangkaraya Mgr. AM Sutrisnaatmaka MSF di Gereja Paroki Keluarga Kudus di Banteng, Jl. Kaliurang Km 8, Yogyakarta pada hari Selasa 19 Juli 2016 pukul 09.00 WIB adalah:
  • Frater Diakon Bernardus Braja Hartono Saputro MSF asal Paroki  Keluarga Kudus Atmodirono, Semarang.
  • Frater Diakon Yohanes Sutrisno MSF asal Paroki St. Ignatius Danan, Giriwoyo, Wonogiri.
KAS minta agar rencana tahbisan mereka diumumkan pada kesempatan misa mingguan pada tanggal 2-3, 9-10, 16-17 Juli 2016 untuk maksud dan tujuan mengecek kelayakan mereka sebagai calon imam.
Serikat Jesus (SJ)
Calon imam dari Ordo Serikat Jesus  akan menerima tahbisan imamat mereka dari Kardinal Julius Darmaatmadja SJ –mantan Uskup Agung Keuskupan Semarang dan Keuskupan Jakarta—di Gereja St. Antonius Padua Kotabaru Yogyakarta pada hari Kamis 28 Juli 2016 pukul 09.00 WIB adalah:
  • Frater Diakon Ernest Justin SJ asal Gereja Paroki Gembala Baik Surabaya.
  • Frater Diakon Peter Benedicto Devantara SJ asal Paroki St. Maria tak Bercela, Ngagel, Surabaya
Pengumumam publik atas rencana tahbisan imamat mereka berdua hendaknya bisa dirilis melalui mimbar gereja saat misa mingguan pada tanggal  9-10, 16-17, 23-24 Juli 2016.
Sesuai nafas Hukum Gereja
Pengumuman publik atas rencana tahbisan imam ini sesuai dengan nafas dan tuntutan Hukum Gereja sebagaimana diatur dalam Kitab Hukum Kanonik (KHK) Kan. 1051 § 2 menyangkut informasi yang bisa disampaikan kepada publik terhadap sifat para calon tertahbis.
Berbagai masukan dari khalayak Umat Katolik di paroki-paroki KAS akan menjadi masukan berharga untuk melihat kelayakan dan kepantasan para calon imam ini menerima tahbisan imamatnya.
Diambil dari: sesawi.net

« PREV
NEXT »