Latest News

Rohkath SMA N 1 TELADAN YOGYAKARTA

oleh: Gregorius Gilang Rahardian



 

Berkah dalem adik-adik! Salam damai Kristus bagi kita semua.
Halo para pelayan Kristus! Kami dari Rohkath Teladan ingin memberi berbagai pengetahuan tentang Rohkath di Teladan.

Sebelum masuk ke penjelasan tentang Rohkath, kami ingin menjelaskan atau memberi info tentang sekolah kami. Nah, seperti kalian tahu, SMA N 1 Yogyakarta adalah salah satu SMA Negeri terbaik di DIY, bahkan di Indonesia. SMA N 1 sangat mengedepankan nilai akademisnya. Seperti yang kalian ketauhi, hasil NEM SMA tertinggi selama beberapa tahun terakhir ini di ada digenggaman SMA N 1 Yogyakarta. Walaupun demikian, SMA N 1 juga tidak meninggalkan event-eventnya. Banyak event besar yang diadakan oleh Teladan. Seperti ICEF, TUC, Pagelaran, Prayata, Excata, dll. Kami selalu memberikan yang terbaik dalam kedua hal itu.


Nah, kalian pasti sering mendengarkan rumor tentang TELADAN? Yang muslim banget lah, yang tangganya dipisah lah, dan lain sebagainya. Pernah dengar kan? Nah, hal itu tidak tepat, tetapi tidak sepenuhnya salah. Seperti yang muslim banget. Sebenernya, itu bukan islamis, tetapi agamis. Memang para pelajar di SMA 1 alim - alim banget.
SMA N 1 Teladan Yogyakarta Teladan, ya itulah kami...
SMA N 1 Yogyakarta menjadi sekolah "Teladan" di hati tiap siswanya. Kak, apa aja sih yang bisa dianggap "Teladan" di SMA kami?
Yang utama dan pasti adalah Prestasi!Ya! Mulai dari penelitian, olimpiade, musik, tari, olahraga, pramuka, animasi, kesehatan, kerajinan, dll sudah pernah diraih oleh kami.Gak percaya?Mampir aja ke sekolah kami dan lihat sendiri betapa penuhnya lemari piala bahkan sampai di ruang guru hehe
Yang kedua,6Snya mantap! Apa itu 6s? Salam,Sapa,Sopan,Santun,Senyum plus SEDERHANA! Ya,di sekolah kami itu emang bener2 sederhana.Cara berpakaian, kendaraan, uang saku,cara berbicara sederhana banget. Jadi,gak usah takut bergaul dengan kami ya!

Yang ketiga Kegiatan agamanya hmmm bangettt.Hmmm gimana kak? Hmmm itu ya banyak, mantep, khusyuk, asyik, well banget. Gak cuma yang muslim. Yang non muslim pun banyak (Katolik n Kristen) ada Natalan bersama, Paskahan, Retret, Sokrab, PU, Jumat Pertama, Pendalaman Iman, Regenerasi, dll.

Yang keempat itu banyak acara bakti sosial. Hayoo, siapa yang jiwa sosialnya tinggi? Di SMA kami banyak banget acara untuk berbagi ke orang lain. Contohnya aja PTB. PTB tu jadi kita bakalan terjun langsung ke rumah warga dan berbagi ke mereka selama 3hari. PTB dilaksanain 1th sekali, jadi totalnya 2x deh! Selain itu ada juga bakti sosial yang diadain Osis dan KATY(alumi teladan). Asyik kan?
Nah itu dia manfaat dan keasyikan yang bakal kamu dapat kalau bergabung dengan kami! TELADAN JAYAMAHE!
So,

WELCOME TO ROHKATH TELADAN!!!

Bentar, bentar. Dari tadi ngomongin Rohkath terus. Sebenernya apa sih Rohkath itu Mas Mbak? Rohkath adalah sebuah organisasi kerohanian Katholik yang berada di SMA Negeri 1 Yogyakarta yang diperhatikan, difasilitasi, dan didukung oleh sekolah. Di Rohkath, adik-adik bisa berkumpul bersama saudara seiman. Sharing –sharing pengalaman bersama keluarga baru, curhat, berkumpul bersama, menjadi suatu kesatuan demi memuliakan Tuhan.
Lalu, apa aja sih kegiatan atau event yang diadakan Rohkath? Kegiatan yang diadakan Rohkath beragam dan tentunya menarik. Mulai dari ziarah ke Gua Maria, Perayaan Natal, Sore Keakraban, Rekoleksi, BKS (Bulan Kitab Suci), dan masih banyak lagi. Nah, disini kita tidak sendiri mengadakan kegiatan yang sudah disebutkan di atas. Kita juga bekerja sama dengan Rohkris dalam mempersiapkan dan mengadakan berbagai kegiatan di atas.
Ini nih yang perlu adik-adik ingat. Di Rohkath kita tidak hanya senang-senang. Dengan mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan Rohkath, kita dapat melatih kerja sama, memupuk persaudaraan, belajar bertanggung jawab, dan mencoba lebihterbuka satu sama lainnya. Jangan lupa untuk saling mengasihi. “Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita” (1 Yohanes 4:19). Hidup ini indah bila kita menganggap ini indah, janganlah kuatir, “Serahkanlah segala kekuatirnmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihra kamu” (1 Petrus 5:7) “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya” ( Pengkhotbah 3:11a)

Yuk lanjut ke topik selanjutnya. Banyak yang tanya nih, Kak sekolah di sekolah negeri itu berat ngga sih? Enak ngga sih Kak? Bukannya disana yang kristiani dikit ya Kak? Gimana dong? Aku belum pernah sekolah di sekolah negeri nih Kak…..
Memang, menjadi pelajar Katolik di sma negeri adalah hal yang menantang. Mengapa? Karna disini kita menghadapi lebih dari satu macam keyakinan yang dapat mengajarkan kita akan adanya toleransi setiap harinya. Selain itu, dengan menjadi minoritas di sma negeri kita akan semakin dikuatkan karena adanya perkumpulan dan kegiatan pelajar katolik di sekolah serta menjadi terang serta garam dunia di setiap kegiatan kita sehari-hari dengan melakukan tindakan kita sesuai dengan jalan Tuhan Yesus kita yang mengajarkan kasih pada sesama tanpa memandang suku, agama serta ras masing masing pribadi.

Dari tadi ngomongin jadi pelajar. Sekarang kita bicaraan tentang organisasi aja yuk….. Jadi, organisasi di teladan itu ada banyak banget, Teladan Hiking Association, Teladan Sccience Club,  SIGMA, Nila Pangkaja, Tonti Teladan, dll. Nah kita bicarain satu persattu ya tentang keterlibatan kami dalam organisasi tersebut. Pertama THA, ini adalah kelompok peninta alamnya teladan. Kami sebagai siswa katholik tetap dapat menyatu dengan teman-teman kami yang Muslim. Kami juga ambil bagian dalam event yang diadakan THA. Kedua TSC, kelompok orang-orang pintar teladan yang kerjanya buat penelitian. Lagi-lagi tidak ada jarak diantara kami. Kami dapat membaur dengan mereka. Dan mereka pun sangat terbuka kepada kami. Selanjutnya, TJRC. PMRnya Teladan. Nah yang ini kami kurang tahu. Soalnya, anggota Rohkath teladan ngga ada yang masuk kesitu. Keempat, SIGMA, pembuat majalah di teladan. Kami dapat bekerja sama dengan baik sama mereka. Kelima, NP. Teathernya teladan. Disini seru banget, kita bisa sharing-sharing bareng umat beragama yang lain. Tidak ada pandang bulu. Terakhir, Tonti Teladan. Yak, seperti yang kalian tahu ini adalah suatu kelompok orang yang melakukan baris-berbaris. Disini kerasa banget kekeluargaannya. Kami bersatu padu tanpa pandang agama, suku, ras, apalah itu. Nah, menjadi rohkath di Teladan tidaklah membosankan bukan?

So, buat apa ragu-ragu? Let’s join Us, because,

WE ARE THE SERVANT OF GOD

GBU…….

« PREV
NEXT »